Sunday, July 18, 2010

Tak Lagi Anak-Anak


Tadi aku berkunjung kerumah bude. Sengaja, karena ingin bertemu dengan kakak sepupu saya, Ratnasari Dewi, yang sedang pulang dari kuliahnya di Amerika. Temu kangen, dan memang sangat kangen. Maklum, jarang sekali berkumpul bersama kakak-kakak sepupuku lagi, Mbak Dewi, Mbak Shinta, Mbak Wulan.

Dulu, saat masih kecil, setidaknya mungkin sebulan sekali aku dan mas Bayu berkunjung kerumah bude. Hanya untuk bermain boneka atau membaca komik di kamar mereka. Semakin besar, kami tetap meluangkan waktu untuk menonton film bersama di bioskop, jalan-jalan bersama keluarga besar, makan bersama, dan masih banyak lagi.

Sekarang, aku (sebagai adek paling kecil diantara kami berlima) sudah memasuki jenjang perkuliahan selama 1 tahun. Kalau diingat-ingat jarang sekali kami bisa berkumpul seperti dulu. Mbak Dewi sedang kuliah S2 di Amerika, Mbak Shinta dan Mbak Wulan sibuk dengan pekerjaannya, Mas Bayu juga sibuk kuliah. Sedangkan aku? Mungkin aku memang belum terlalu sibuk, tapi aku jarang pulang. Maklum, Jogja-Bekasi, makan waktu banyak di perjalanan, hehe.

Kami memang masih sempat sekali-dua kali berkumpul untuk karaoke, atau makan bersama. Tapi itu bisa dihitung dengan jari berapa kali kesempatannya. Yah, memang kami bukan lagi anak-anak SD yang masih bisa pergi jalan-jalan kemanapun kami mau. Sudah ada hal-hal yang harus kami jalani masing-masing dengan penuh tanggung jawab. Aku tidak menyesali itu, aku hanya tiba-tiba menyadari bahwa kami tak lagi anak-anak. Celotehan tawa masih ada, berkumpul masih disempatkan, namun dengan topik dan kondisi yang berbeda.

Aku masih akan selalu merindukan kebersamaan itu. Tadi, Mbak Wulan berkata, " Gue tadinya sih ada rencana ngajak lo jalan dek. Kan Mbak Dewi berangkat ke Amrik sm Bang Ipul, Mbak Shinta mau honeymoon sm Anwar, nah daripada gue beres-beres rumah, mendingan kita jalan kan?"
Ah, sebentar lagi rumah bude pasti akan sepi. Mungkin bude akan segera punya cucu. Kami memang bukan lagi anak-anak.

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by YummyLolly.com